Resep Tahu Aci Super Lembut Bikin Ketagihan

Halo Bun, sudah pernah denger tahu aci kan? Tahu aci adalah makanan Indonesia yang punya rasa gurih dan renyah. Nah, tahu aci ini terbuat dari tahu kuning persegi empat dengan sisi 7 cm. Biasanya sih, dipotong menjadi 2 segetiga siku – siku. Selanjutnya diberi adonan untuk dibuat menjadi tahu aci. Makanan tahu aci ini cocok dibuat untuk cemillan ketika keluarga sedang berkumpul.

Bukan cuma itu, Bunda juga bisa membuat tahu aci ini sebagai peluang untuk usaha loh, apalagi jika tahu aci Bunda sangat enak. Resep tahu aci juga tidak terlalu sulit dan bahannya mudah untuk ditemukan.


Asal usul tahu aci ini sebenarnya dari Kabupaten Tegal Bunda, tepatnya ada Slawi. Nah, kalo Bunda jalan-jalan di daerah Tegal, hampir di setiap pinggir jalan ada penjual tahu aci. Rasanya yang gurih bikin ketagihan. Bahkan, di dalam bus, ada juga tahu aci yang dijual pedagang asongan. Nama lain dari tahu aci sendiri tahu Tegal atau tahu kuping.

Bunda tahu nggak, saking terkenalnya tahu aci ini di Tegal, sampai ada patung tahu aci loh. Lokasi patung tersebut ada di perempatan Slawi Pos. Cuma, lokasinya tertutup oleh tanaman dan bendera partai, jadi nggak begitu jelas. Patung aci sendiri merupakan simbol bahwa tahu aci adalah makanan khas dari Tegal.

Ada perbedaan tahu aci dengan tahu biasanya Bunda, pertama tahunya yang kuning dan sangat banyak terdapat di Tegal. Kemudian cara penggorengannya menggunakan minyak goreng yang lumayan banyak dan menggunakan kompor api yang besar loh. Hal ini membantu tahu aci terlihat mengembang dan merekah. Bunda juga bisa kok membuat resep tahu aci sendiri di rumah. Jadi, nggak perlu harus jauh-jauh jalan-jalan ke Tegal.

Nah, buat Bunda yang mau bereksperimen membuat tahu aci sendiri di rumah, berikut ini ada beberapa langkah untuk resep tahu aci.

Bahan – bahan:

  • 10 buah tahu kecil yang sudah digoreng
  • 10 sendok tepung sagu/tapioka
  • 4 sendok tepung terigu
  • 3 helai daun bawang
  • 3 batang daun seledri
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • Sejumput merica bubuk
  • Secukupnya garam
  • Kaldu bubuk
  • ½ gelas belimbing air panas
  • Air 1 liter untuk merebus

Cara Membuat:

  1. Potong serong tahu goreng menjadi 2 bagian.
  2. Campur dalam wadah tepung terigu, tepung sagu, garam, merica bubuk, gula, daun bawan dan daun seledri yang sudah dirajang halus. Lalu siram dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata, jangan terlalu embek agar adonan tidak luber saat diisikan ke dalam tahu.
  3. Sobek bagian tengah tahu kemudian isi dengan adonan aci secukupnya hingga permukaan putih tertutup, lakukan terus hingga tahu dan adonan aci habis.
  4.  Didihkan air kemudian masukkan tahu, rebus hingga matang, hangat dan tiriskan.

Cara menyajikan resep tahu aci enak

  1. Setelah diangkat dan ditiriskan, Bunda bisa menatanya di piring saji.
  2. Sajikan dengan saos sambal atau saos tomat cocolan sesuai selera Bunda.
  3. Nah, tahu aci sudah bisa dinikmati.
  4. Nah, gimana Bun? Cukup simpel dan gampang kan resep tahu aci? Kalo lagi kumpul-lumpul dan bingung mau bikin makanan apa, Bunda bisa kok cobain resep ini buat cemilan keluarga. Selamat mencoba ya!

Demikianlah reseo Tahu aci yang super duper enak banget, tahu aci ini bisa disajikan saat ngeteh atau pun untuk cemilan cemilan ya Bunda, jangna lupa dishare dan happy Cooking

Sumber : modern