Resep Kentang Goreng Crispy KFC Renyah dan Gurih

Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi.

Kentang goreng merupakan makanan yang sangat cocok untuk kita jadikan camilan. Camilan buat nonton tv, ataupun saat berkumpul bersama dengan keluarga. Tak hanya itu saja, kentang goreng ini biasanya juga dibwa untuk bekal perjalanan, dan rekreasi. Kadang – kadang juga ada orang yang suka memakan camilan gurih ini sebagai pendamping saat makan nasi, untuk menggantikan krupuk atau gorengan. Pas, sekali kali ini kita akan membahas tentang resep dan cara membuat kentang goreng crispy KFC.

Resep Membuat Kentang Goreng Ala KFC Renyah

Bahan membuat kentang goreng crispy KFC

  • Setengah kilogram kentang (baiknya kentang jenis mentega)
  • Air secukupnya
  • Air es (air dingin)
  • Tepung meizena secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 siung bawang putih (sesuai dengan selera)
  • Garam secukupnya sesuai selera anda
  • Saus tomat

Cara Membuat Resep kentang goreng crispy KFC

  1. Kupas kentang dari kulitnya, cuci sampai bersih dan tiriskan
  2. Potong – potong kentang dengan bentuk yang persegi panjang kecil – kecil
  3. Sekerang siapkan air di wajan, masukkan potongan garam putih dan garam kedalam air, lalu rebus sampai mendidih
  4. Masukkan kentang kedalam air rebusan sampai semuanya terendam selama kurang lebih 5 menit, sampai setengah matang. Angkat dan Tiriskan
  5. Angkat kentang dan masukkan kedalam air es sampai semuanya terendam selama kurang lebih 5 menit
  6. Sekarang siapkan tepung meizenanya, dan gulingkan semua kentangnya sampai merata
  7. Panaskan minyak gorennya, goreng kentangnya. Pastikan jumlah minyak dapat merendam semua kentang yang ada. Goreng sampai kentang matang dengan ciri warna mulai berubah menjadi kekuningan. Goreng menggunakan api sedang agar tidak gosong
  8. Angkat dan tiriskan dengan suhu ruangan normal. Simpan sisanya kedalam lemari pendingin (freezer)
  9. Sekarang kentang goreng anda siap untuk dinikmati plus tambahkan saus tomat

Catatan
Jangan menambahkan tepung beras atau aci walaupun dapat membuat gorengan semakin renyah tapi cenderung akan membuat kentang saling melengket.
Kentang bisa disimpan di dalam freezer hingga 2 minggu. Kentang yang beku akan semakin membuat kentang renyah setelah di goreng.
Pastikan selalu menggoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru agar hasil kentang goreng lebih renyah dan bersih.
Masukkan kentang dalam minyak yang panas, dan selalu gunakan api sedang agar kentang tidak cepat gosong.
Agar tidak berminyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digorang ditiriskan dahulu, alasi dengan kertas tisu agar minyak menyerap ke kertas tisu, baru sajikan.

Resep kentang goreng crispy KFC – Resep Masakan

3 Cara Mengupas Kentang Lebih Mudah & Praktis

Kentang punya kulit tipis dan kotor dari sisa-sisa tanah. Sehingga bagi saya, mengupas kentang adalah pekerjaan yang tidak mudah. Ketika dikupas, bagian dalam kentang jadi terikut kotor terkena tangan. Mau tidak mau, saya harus membersihkannya lagi sambil digosok perlahan. Hal ini tidak terlalu menyulitkan jika hanya mengupas 2-3 buah kentang. Tapi bagaimana jika mengupas satu baskom kentang? Makanya, harus ada tips saat mengupasnya agar hemat tenaga dan waktu.

1. Pilih menggunakan alat pengupas (peeler) dibandingkan pisau

Mengupas kentang dengan pisau seringkali menyusahkan. Karena kulitnya tipis, anda harus mengupasnya secara perlahan. Jika tidak, pasti bagian daging kentang juga ikut terpotong. Jika belum pro, pisau adalah alat pengupas yang baiknya dihindari. Lebih mudah gunakan alat pengupas (peeler) yang bentuknya mirip seperti alat pencukur. Alat ini bisa mengupas kulit kentang tanpa banyak terikut bagian dagingnya dan jauh lebih cepat!

2. Kupas dengan gerakan memutar

Biasanya, anda mengupas bahan makanan secara horizontal. Bahan makanan diletakkan dalam posisi tertidur lalu digenggam bagian bawahnya. Lebih mudah dipegang memang, tapi ada cara lain yang lebih praktis.

Berdirikan kentang dan gunakan satu tangan untuk pegang kedua ujungnya. Tangan yang satunya untuk memegang pisau. Kupaslah sambil memutar kentang dari atas ke bawah, sementara tangan dengan pisau ditahan agar tetap di tempat.

Cara ini bisa diterapkan baik yang menggunakan pisau ataupun peeler.

3. Rebus dulu, kupas kemudian

Cara ini bisa membuat anda mengupas kentang dengan super duper cepat. Setelah mencuci bersih kentang, anda harus membuat guratan/goresan melingkar di sekeliling kentang. Kemudian, rebus kentang hingga menjadi empuk. Kira-kira sekitar 20 hingga 30 menit saja. Setelah itu, masukkan kentang ke air es/dingin selama sepuluh detik. Ambil satu kentang, tekan kulitnya lalu tarik berlawanan arah dengan perlahan. Ta-da! Kulit kentang dengan mudah akan langsung terkelupas.

Ternyata, mengupas kentang tidak sesulit yang dikira ya. Waktu di dapur pun tidak banyak terbuang untuk persiapan bahan-bahan masak. Ayo, langsung dipraktikkan di dapur rumah anda masing-masing.