Resep Zebra Putih telur Sederhana Yang Gampang

Punya stock putih telur banyak dikulkas, biasanya buat chiffon cake…iseng2 googling dapat resep marmer cake putel punya bu Fatmah Bahalwan NCC 😊

Lebih gampang marmer cake daripada chiffon cake buatnya (menurutku lho ya 😂😂)

Hasilnya lembut dan moist banget, paksu sekali nyobain langsung 3 potong 😄😄

Zebra Putih telur

( Resep: Bu Fatmah Bahalwan NCC )

Bahan :

  • 350 gr putih telur
  • 200 gr gula halus
  • 175 gr terigu segitiga biru
  • 2 sdm susu bubuk
  • 200 gr butter, lelehkan (saya pake blueband)
  • 1 sdt SP
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt air jeruk nipis/lemon
  • 1 sdm pasta coklat
  • 1 sdt pasta mocca (skip)

Cara Buat :

  1. Siapkan loyang uk.20cm tinggi 7cm olesi margarin dan taburi terigu, sisihkan
  2. . Kocok putih telur sampai kaku masukkan gula halus sedikit2 dan sp kocok sampai kental dan mengembang,
  3. kemudian air jeruk nipis kocok rata lagi
    . Masukkan campuran terigu, susu bubuk, vanili sambil diayak pelan2 aduk rata dengan kecepatan rendah.
  4. Terakhir masukkan mentega cair aduk rata dengan tekhnik aduk balik dengan spatula sampai rata
  5. Ambil 1/3 bagian adonan beri pasta coklat aduk rata. Tuang adonan dititik tengah loyang bergantian adonan putih dan coklat sampai habis
  6. Oven dengan suhu 180 derajat selama 40-50 menit/sampai matang (sesuai oven masing2)
  7. Tes dengan tusuk lidi

Monggo…selamat mencoba 😀😀

#JanjianPosting

#lesuramadu

#zebraputel

#Latepost

Sumber : https://rezep-spesials.blogspot.com/2018/02/resep-zebra-putih-telur-sederhana-yang.html

Tips Sukses Membuat Cake

Sering banget Diahdidi’s Kitchen di Fb..mendapat pertanyaan inbox dari teman2..seputar pembuatan cake..dari tehnik paling dasar..sampai penyebab gagalnya cake jadi bantat..dll. Nah..mumpung agak selo..*halah..gaya..padahal tiap hari ya selo..hihi..* aku tulis tips sukses membuat cake ya teman2..semoga menjawab semua pertanyaan..dari beberapa teman secra lebih detail lagi..dan ..kalau lupa nich..tinggal liat lagi aja di sini ya..tips2nya. Emang..membuat cake ini..susah2 gampang..kunci utama suksesnya..ya harus sering2 berlatih ya..bisa karena biasa…itu..bener lho..dengan sering2 berlatih membuat cake, nanti lama2 akan reflek dan tau sendiri..seperti apa sich..telur yang mengembang itu..seperti apa sich adonan cake yang bakal sukses mengembang itu..atau adonan yang bakalan bantat..hihi..bakal apal sendiri dech. Dulu..aku awal2 belajar bikin cake..juga sering gagal..tapi ..aku pantang menyerah sich..kalau gagal..malah jadi penasaran..akhirnya mencoba lagi dan lagi..bukan jadi terus menyerah…trauma..dll..nggak mau coba lagi…sampai akhirnya aku tahu sendiri..trik2 biar sukses..dan juga selalu belajar juga dari berbagai sumber.

Cake..bahan utama dasarnya dalah telur, gula, tepung, margarin atau mentega. Sedangkan penambahan bahan lain, hanya untuk variasi jenis dan rasa cakenya saja. misal di tambah coklat, selai, rempah2..dll. Jadi..kuncinya..sebenernya kita cukup mempunyai beberapa resep dasar cake yang pas dan sudah enak rasanya..tinggal kita variasikan sendiri…dan kita bisa menciptakan aneka varian cake yang berbeda. Namun..tidak semua bahan bisa di padu padan dengan aneka jenis cake ya..kita musti tau juga.bahan2 apa yang cocok kira2 untukdi tambahkan di adonan cakenya.

Apa lagi yang membuat cake sukses..tentu saja..proses pengolahan dan penanganannya..juga harus benar. Sering aku dapat pesan seperti ini..Mba..kok aku nggak berhasil bikin cake ini..itu..padahal sudah mengikuti resep..hihi..aduch..resep lagi yang di masalahkan. Resep2 yang ku posting di Diah Didi’s Kitchen ..biasanya adalah resep yang udah ku uji coba..dan hasilnya juga jelas..di foto..misalnya keliatan moist, empuk, mengembang..dll…juga keliatan secara detail karena aku juga sertakan foto close up tekture cakenya biasanya…dan juga sudah melewati sensor rasa..enak atau tidak..hihi. Jadi..jika ada yang gagal..berarti di prosesnya..yang belum benar..misal..pengocokan telur kurang mengembang..atau mencampur tepungnya kurang rata..atau..malah mengaduk margarin terlalu kuat, dll sehingga adonan yang sudah mengembang..malah jadi turun lagi..jadinya..bantat dech cakenya…hihi. Jadi..banyak faktor ya teman2..di proses pembuatan cake ini..yang sering bikin galau..eh…gagal..hihi. Nah..gimana..biar nggak gagal lagi bikin cake..ayukk..simak tips2 berikut ya..bukan dari ahli sich..cuma dari aku aja..yang sering mengalami gagal juga dulu.awal2 belajar..tapi dari situ..malah jadi tahu penyebab kegagalannya apa….dan juga selalu belajar dari beberapa referensi sumber..yang aku pelajari…dan akhirnya..sekarang ini..alhamdulillah..jarang gagal..aku kalau bikin cake. Semoga sedikit membantu buat teman2..yang ingin atau baru belajar membuat cake ya..

Pengocokan Telur

Pembuatan cake di awali dengan pengocokan telur atau margarin.Cake yang di awali dengan pengocokan telur dan gula..di sebut sponge cake..atau lebih di kenal dengan nama bolu ya..kalau di Indonesia. Yang harus di perhatikan dengan tehnik pengocoan telur dan gula ini..adalah….telurnya harus di kocok sampai benar2 mengembang..namun juga tidak berlebihan mengembangnya. Kalau dengan mixer biasa / rumahtangga di perlukan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dengan kecepatan tinggi. Tapi..tergantung juga merk mixer yang di gunakan ya..soalnya ada juga sich merk mixer yang lemot..hihi..lama ngocoknya baru mengembang. Kalau lebih lama dari itu..memang sich..telur mengembang, namun hasil cake akan keriput setelah matang, banyak remahnya dan berpori2 besar. Nah..mengocok telur sampai mengembang itu seperti apa sich..jika ada yang belum tau..dan baru belajar buat cake..telur dan gula yang di kocok hingga mengembang..cirinya..berwarna putih, kental , mengkilat dan meninggalkan jejak jejak di atasnya yang tidak mudah hilang. Dan ketika mixer kita angkat..adonan yang nempel di mixer itu tidak akan jatuh lagi..tapi membentuk ujung yang runcing..seperti jambul.

Nah..bagaimana..kalau margarin / mentega yang di kocok dulu..?..Cake jenis ini di sebut butter cake.Mengocok margarin di butter cake ini..jangan terlalu lama ya.., karena itu..gunakan gulapasir yang butiranya halus..supaya lebih mudah larut.Setelah margarin dan gula di kocok…pada tehnik ini, barulah selanjutnya di masukkan telur satu persatu. Maksudnya..masukan dulu satu telur, kocok rata, masukkan lagi satu telur, kocok rata lagi..terus begitu sampai telur habis. Kadang di resep juga di sebutkan..kocok telur bergantian dengan sedikit tepung..maksudnya..setelah kita memasukan telur satu , lalu di kocok rata, masukkan juga satu sendok makan terigu, kocok rata..demikian seterusnya..sampai telur habis. Nah.setelah itu..baru dech di masukkan sisa tepung terigunya dan di aduk rata.

Selain itu, masih ada satu lagi tehnik pengocokan telur untuk cake, yaitu untuk adonan chiffon cake..di mana..kuning telur dan putihnya di kocok terpisah..jadi dipisahkan dulu gitu kedua kekasih ini..*Halah….lebay..hihi*..tapi tenang..nanti di akhir proses..tetep di satukan kok keduanya..di dalam adonan. Nah..kalau pengocokan telur versi ini..yang harus di perhatikan..adalah..pengocokan putih telurnya. Putih telurnya..nggak boleh terkena kuning telur ya..jadi harus benar2 murni putih telur aja. Selain itu..pastikan..wadah dan mixernya juga bebas lemak. Jadi..habis di gunakan buat ngocok adonan dengan kuning telur..di cuci dulu ya..dan di lap bersih dan kering ya..jangan langsung di gunakan untuk mengocok putel..karena ..bakalan ngambek si putel..nggak mau ngembang. Yey,..putih telur nya..suka kebersihan ya..hihi..

Penambahan tepung

Dalam membaut cake..tepung utama yang di pakai adalah tepung terigu..atau tepung lain..dengan tambahan seperti tepung maizena, tepung ketan hitam, dll. Coklat bubuk..juga termasuk dalam hitungan tepung. Dalam arti..jika kita memodifikasi suatu resep cake..dan mau menambah coklat bubuk di suatu resep cake biasa..berarti..jumlah tepungnya..kita kurangi..sejumlah dari coklat yang di tambahkan.penambahan tepung ke dalam kocokan telur, di masukkan dengan di ayak dan di aduk sedikit demi sedikit.Namun jika di dalam suatu jenis resep..yaitu resep yang di kocok all in one semua bahan2nya…jadi tepungnya ikut di kocok..tidak masalah..karena biasanya dalam resep tersebut..memakai bahan cake emulsifier seperti sp atau tbm atau ovalet. Cara pengadukan tepung ke adonan cake secara manual dengan spatula..di lakukan dari arah bawah ke atas, dan sering di sebut sebagai tehnik..aduk balik.

Pencampuran Margarin / Mentega

Margarin..di cairkan di atas api kecil..sambil di aduk supaya cepat mencair. Menuang margarin di adonan harus perlahan dan di aduk balik hinga benar2 rata. Jika ada gunakan mangkuk kaca, supaya keliatan bagian dasarnya..jika margarin masih ada yang mengendap di bawah. Pencampuran margarin yang tidak rata..mebuat cake jadi bantat. Mengaduk margarin juga jangan terlalu kuat atau terlalu lama, karena adonan malah jadi turun lagi..dan cake bisa bantat lagi dech..hihi.

Pencampuran bahan bahan lain.

Untuk variasi rasa..biasany cake di campur bahan2 lain. Nah..dari resep dasar yang kita sudah punya..dan sudah cocok rasa nya..kita bisa variasikan sendiri..jenis cake yang akan kita buat..misal..mau buat cake coklat..dari bahan dasar sponge cake biasa, berarti rumusnya..kita tambahkan coklat bubuk..namun jumlah tepungnya juga di kurangi..sejumlah coklat bubuk yang di tambahkan. Selain itu bisa juga penambahan cairan. Misal..kita mau buat butter cake..dengan rasa buah2an..bisa..misalnya kita tambahkan jus jeruk. Nah..cairan yang kita gunakan di resep dasar butter cake..seperti susu inilah yang kita ganti.dengan jus jeruk..dalam jumlah yang sama. Mudah kan..teman2..membuat variasi cake dari resep dasarnya. Nah..jadi..yang paling penting..kita harus menemukan dulu resep dasar cake.yang oke..misalnya sponge cake..butter cake..chiffon cake..dll..masing2 satu satu aja..resep andalan kita..bisa dari hasil mencoba berbagai resep yang beredar..atau hasil utak atik sendiri ..silahkan. Setelah itu..tinggal kita..kreasikan sendiri aja..rasanya. Dan yang paling penting..sering2 berlatih ya..dan jangan takut gagal. Karena..dari kegagalanlah..kita bisa banyak belajar..ingat..ingat pelajaran sekolah atau pepatah lama..*kegagalan..adalah guru yang paling baik..hihi*..Halah..klise..klasik..and jadul ya..teman2..hihi..wis ndak pa2 lah..yang penting..semangattt..harus berani mencoba ya..membuat cake..itu mudah..kalau sudah tau trik2nya..Happy baking…..dan..jika ada yang kurang jelas..atau mau nambahin ilmu..silahkan..tinggalkan komentar di bawah ya..biar kita bisa sama2 belajar…^^