Resep Membuat Sate Donat yang Empuk dan Manis, Lembut Banget di Mulut, Suka Banget deh sama Cemilan Satu ini

Hmmmm. yummyy. Cemilan di sore hari dikala perut antara laper sama gak laper dan ditemani secangkir kopi ulee kareng hangat dari Aceh. Weewww mantaaaap banget. Hehehe.

Bahan – Bahan

  • 500 gram kentang
  • 2 sachet susu kental manis
  • 6 butir telur
  • 4 sendok makan peres gula putih
  • 6 sendok makan margarine
  • 1 sachet ragi instan (me: vita)
  • 1 kg tepung terigu (me: cakra)

Cara Membuat Sate Donat

  1. Rebus kentang lalu haluskan selagi panas.
  2. Masukkan susu kental manis, ragi instan, mentega, gula pasir dan telur. Aduk rata.
  3. Terakhir masukkan tepung terigu, lalu uleni sampai adonan tidak lengket ditangan. Ini step paling penting. kemudian diamkan selama 45 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali lipatnya.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan berat 20 gram, lalu bulatkan, kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit.
  5. Donat siap digoreng dengan api sedang, sampai matang
  6. Setelah matang biarkan hangat lalu taburi dengan gula halus, kemudian tusuk dengan tusuk sate.

Selamat mencoba

Suber : http://www.inirecipes.id/2017/09/resep-membuat-sate-donat-yang-empuk-dan.html

6 Tips Goreng Donat Agar Mengembang dan Matang Merata

Menurut saya, donat adalah salah satu hidangan yang mudah dibuat karena bahan-bahan yang diperlukan tidaklah banyak dan mudah ditemukan. Dulu, saya lebih pilih membeli donat daripada membuatnya sendiri. Mengapa? Karena saya pernah membuat donat sendiri namun hasilnya sangat jauh dari ekspektasi. Donat buatan saya tak dapat mengembang sempurna dan tak matang di bagian dalam. Namun, atas dasar penasaran saya mencoba lagi untuk membuatnya dengan tips dalam menggoreng donat yang akan saya bagikan di artikel ini. Hasilnya pun jauh lebih baik dari sebelumnya!

1. Gunakan minyak yang masih baru

Terkadang, ada saja orang yang menggunakan minyak jelantah atas dasar irit. Jangan lakukan hal tersebut ketika menggoreng donat, ya. Donat sangat mudah menyerap aroma dari minyak, sehingga jika anda menggunakan minyak jelantah donat anda cenderung akan beraroma aneh. Selain itu, minyak jelantah juga mempegaruhi tingkat kematangan donat. Minyak jelantah cenderung sudah tengik sehingga donat menjadi kurang matang sempurna.

2. Gunakan banyak minyak untuk menggoreng donat

Agar donat dapat mengembang sempurna dan matang secara merata, donat harus tenggelam sempurna di dalam minyak. Oleh karena itu, hilangkan sikap ‘irit lebih baik’ anda dan gunakan minyak yang banyak untuk menggoreng donat. Anda tidak ingin donat yang anda buat matang setengah-setengah, kan

3. Menggoreng dengan minyak yang tak terlalu panas

Minyak yang banyak pastinya tetap harus dipanaskan untuk menggoreng donat. Tetapi, minyak yang terlalu panas tetap tidak baik untuk tingkat kematangan donat. Minyak yang terlalu panas justru akan menyebabkan donat cepat gosong dan hanya matang di permukaan, sedangkan bagian dalam tidak matang. Gunakanlah api dengan kekuatan sedang agar minyak tidak begitu panas.

4. Jangan terlalu banyak memasukkan donat dalam sekali menggoreng

Kadangkali, muncul keinginan untuk mempercepat proses penggorengan donat. Karena buru-buru, kita menggoreng 3-4 donat dalam satu kali penggorengan. Saran saya, janganlah lakukan hal ini meskipun anda sedang terburu-buru. Memasukkan donat yang terlalu banyak dalam sekali menggoreng akan membuat suhu minyak menjadi tak stabil, sehingga donat anda tak akan matang secara merata dan tak bisa mengembang dengan baik.

5. Cukup sekali membalik donat

Terkadang, banyak sekali orang yang menganggap membalik-balik donat akan mempercepat kematangan donat. Hal itu jelas salah, karena terlalu sering membalik donat justru akan mengakibatkan donat tak bisa mengembang dan tak bisa matang merata, sehingga hanya matang di permukaan. Oleh karena itu, anda tak perlu terlalu sering membalik donat ketika digoreng. Cukup goreng permukaan atas terlebih dahulu, dan jika sudah berwarna coklat keemasan anda bisa balik ke sisi lainnya.

6. Goreng donat dengan minyak padat yang telah dicairkan

Untuk menggoreng donat, lebih baik ganti minyak yang biasa anda gunakan untuk memasak dengan minyak padat yang telah dicairkan. Minyak padat memiliki sifat yang lebih tahan panas dibanding minyak biasa. Selain itu, hasil gorengan donat juga tidak akan terlalu menyerap minyak. Minyak padat ini bisa anda temukan di pasaran, kok.

Agar anda terhindar dari donat yang hanya matang di permukaan, lakukanlah 6 poin di atas. Daripada anda beli donat yang belum terjamin asal usulnya, membuatnya sendiri ternyata tak terlalu rumit, kan. Selamat mencoba!

Sumber : https://resepkoki.id/2017/04/13/6-tips-goreng-donat-agar-mengembang-dan-matang-merata/