Cara Membuat Cake Tapai Keju Special versi Buttercake Harumnya Nyampe Kedapur Orang

Dari duluu pengen nyoba kayak apa rasanya cake tape maju mundurr gara2 galau apa ga aneh ya tape masuk di cake?berasa masem2 gimana mesti fikirku.hihih… laluuu 1 minggu lalu liat postingan mba Permadi Niken! akhirnya bulet tekadd abis liat penampakan cake tape mba Niken di loyang loaf bertabur chochips yang serasa manggil2 diriku sampe ke alam mimpi itu.wkwkwkwk..


segera besoknya beli tapaii,dann taraaa jadilah cake tape lezat ini!perpaduan+takarannya serba passs,tapai,keju+butter berpadu jadi match bangett:) sukaaaa sama cake iniii…hihihi ini resep diadaptasi dari mba Endang JTT yah sopasti wuenakk:)
Akhir2 ini slow respon buka Cookpad,buat temen2 yg ngrecook bisa juga langsung Tag fotonya di [email protected] yaa..hihihi…
thx buat semua recook2 kerennya..meski bbrp belom sempet kebales..hiks2…
cusssss mommiesss

Bahan-bahan
Bahan 1:

  • 350 gr Tepung Kunci
  • 2 sdt Baking Powder
  • 50 gr Susu Bubuk (aku pake dancow)
  • 1/4 sdt Garam halus

Bahan 2 :

  • 340 gr Butter (bole separo mix margarin)
  • 2 sdt essens Vanili
  • 250 gr tape+3sdm susu kental manis putih lumatkan halus
  • 280 gr Gula Pasir
  • 100 gr Keju cheddar parut
  • 6 butir telur
  • 2 butir kuning telur (bole pake/bole tidak)

Langkah

  1. Lumatkan tapai+susu kental manis sampe lumat ya pake sendok/potato smasher 🙂
  2. Kocok butter+essens vanilli sampai mengembang putih (tahap penting yah) sorryy foto dijadiin 1 yaa foto satuannya ilang semuaa mmc corruptt:( akhirnya comot foto di instagramku hikssss
  3. Masukkan tapai+gula pasir kocok sampe tercampur rata yah:)
  4. Masukkan telur satu persatu.tiap mau masukkin telor tunggu telor sebelumnya rata dulu 🙂
  5. Masukkan tepung bergantian dengan keju parut cukup aduk pake spatula aja yah. lalu tuang ke dalam loyang tulban panggang 180 derajat sekitar 40 menit:) ato sesuaikan suhu oven sendiri2:)
  6. Hmmm harum bangettt aroma cake ini,recomended yahh:) perpaduan tapai+keju+butternya pas bangett komposisinya cucoo xixixixi
  7. Sepertinya next time dikasi kismis makin enak dah:) oh ya pake loyang loaf boleh juga yah bisa jadi 2 loyang..
  8. Layak coba yahh:) hohoho

Sumber : https://resepjajananindo.blogspot.com/2017/03/cara-membuat-cake-tapai-keju-special.html

4 Tips Rahasia Membuat Cake Yang Sempurna

Siapa yang tak tergoda menikmati lezatnya cake yang dijual di toko-toko kue? Rasanya yang manis, gurih dengan tekstur lembut dan fluffy pasti bikin kita ingin bisa membuatnya di rumah. Tetapi, kenapa cake buatan sendiri hasilnya tak senikmat bikinan toko ya?

Sekalipun telah mengikuti resep yang tertera, membuat cake pun ada tips khususnya. Mulai dari pemilihan tepung yang tepat hingga cara menuangkan adonan ke dalam loyang sebelum dipanggang. Dilansir oleh saveur.com, simak 4 tips membuat cake yang sempurna berikut ini:

Pilih Tepung Yang Tepat
Untuk menghasilkan cake yang baik, gunakan tepung terigu yang digiling halus. Tepung terigu yang terbuat dari gandum disarankan karena mengandung protein gluten rendah dibandingkan tepung terigu biasa. Proses bleaching juga meningkatkan keasaman adonan sehingga pati dalam tepung menyerap lebih banyak uap air. Hasilnya adalah cake yang halus dan lembut.

Perhatikan Suhu Bahan Yang Digunakan
Kunci adonan yang lembut adalah pada suhu bahan yang digunakan. Susu, butter dan telur haruslah dalam suhu ruangan saat diolah. Telur dan susu yang dingin akan membuat adonan menggumpal dengan butter. Hasilnya adalah kue yang keras dan bertekstur kasar. Walaupun begitu, memanaskan butter dan susu juga tidak disarankan.

Idealnya, semua bahan disiapkan semalam sebelumnya di suhu ruangan. Jika Anda terburu-buru, Anda dapat memasukkan telur dari kulkas ke dalam mangkuk berisi air hangat selama 5 menit agar telur berada dalam suhu yang cukup untuk diolah.

Mengaduk Dengan Cara Yang Tepat
Saat mencampur bahan, aduk adonan perlahan-lahan agar tidak menghasilkan remahan yang keras. Setelah adonan tercampur rata, naikkan menjadi kecepatan tertinggi selama 5 detik. Adonan akan berubah menjadi emulsi yang halus dan rata.

Akhiri Dengan Menghentakkan Loyang
Cake yang lembut dihasilkan dari banyaknya udara yang terkandung saat proses pengocokan adonan. Namun, hasilnya adalah cake yang berlubang-lubang dan kurang cantik dilihat. Hal ini dapat diatasi, caranya: saat menuangkan adonan ke loyang, ratakan bagian atas adonan dengan spatula karet. Lalu hentakkan loyang ke meja agar udara di dalam adonan terdorong keluar. Cara ini cocok digunakan untuk cake yang menggunakan baking soda atau baking powder tetapi tidak cocok untuk jenis cake yang memang membutuhkan udara di dalamnya, misalnya foam cake.

Dengan 4 tips di atas, Anda akan mendapatkan cake lembut nikmat dan cantik penampilannya. Selamat mencoba.