Resep Tahu Telur Goreng Enak

Dipekan kali ini kami akan membagikan sebuah resep masakan yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat di Indonesia khususnya. Resep yang akan kami bagikan kali ini dibuat dair bahan dasar tahu dan telur yang lalu dimasak dengan digoreng hinga jadilah tahu telur goreng yang citarasanya begitu enak dan nikmat, pas untuk dijadikan menu utama makan siang dan malam.

Menu sajian satu ini sudah tidak asing lagi dan banyak yang menyukainya dari smeua kalangan dan usia, dari anak-anak hingga dewasa. Tahu telur goreng ini mungkin sudah jadi menu harian anda, namun bagi yang penasaran ingin tau cara membuatnya, tidak ada salahnya untuk melihat ulasan lengkap yang akan kami bagikan berikut ini. Dalam membuat tahu telur goreng ini tidak terlalu sulit dan hanya memerlukan waktu yang relative singkat. Baiklah, dari pada menunggu lama, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bahan yang digunakan :

  • 200 gr tahu putih kualitas baik (potong dadu)
  • 3 btr telur ayam (kocok lepas)
  • 250 gr minyak goreng)
  • Garam secukupnya

Bumbu :

  • 35 ml kecap manis
  • 50 gr kacang tanah goreng
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • Air, secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • 7 bh cabe rawit merah

Langkah membuat tahu telur goreng special :

  1. Campurk kocokan telur bersama garam, aduk merata.
  2. Masukan tahu putih yang telah dipotong sebelumnya.
  3. Kemudian goreng dalam minyak panas hingga berubah warna.
  4. Aduk-aduk agar matangnya merata, angkat dan tiriskan.
  5. Tahu telur goreng siap disajikan.
  6. Seperti itulah resep membuat tahu telur goreng enak dan nikmat dari kami. Semoga resep kali ini bisa menambah wawasan anda dalam bidang kuliner khas nusantara. Sampai jumpa dan selamat mencoba.

Tips Menggoreng Tahu Putih & Tofu Agar Tidak Hancur

Menurut saya, tahu adalah satu jenis protein yang gampang diolah dalam berbagai masakan. Bahkan dengan digoreng pun, tahu bisa jadi lauk atau kudapan yang nikmat. Tapi kalau bicara soal tahu goreng, saya paling sering pakai tahu putih atau tahu telur (tofu). Perpaduan kulit luar yang kering dan tekstur dalamnya yang lembut benar-benar top banget! Namun menggoreng tahu bertekstur lembut pasti ada tantangannya, ya. Kita perlu hati-hati agar tahu tidak pecah dalam proses menggoreng. Bagaimana cara mengakalinya? Simak tips yang satu ini!

1. Keringkan tahu sebelum masuk penggorengan

Sering kecipratan minyak saat menggoreng tahu? Wajar kok, karena tahu memang punya kandungan air yang cukup tinggi. Cipratan tersebut sebetulnya adalah reaksi antara minyak panas dan air, jadi keringkan dulu tahu putih atau tofu sebelum masuk penggorengan. Caranya, usap tahu dengan tisu dapur setelah direndam dalam air garam atau larutan bumbu.

Kalau ingin lebih aman dari cipratan minyak, taburi sedikit tepung pada permukaan tahu setelah dilap dengan tisu dapur. Selanjutnya, tahu bisa langsung dicemplungkan dalam minyak panas. Selain tekstur luar yang lebih renyah, tahu yang diberi tepung ini juga tak akan hancur jika harus dioseng atau ditumis.

2. Pastikan minyak benar-benar panas

Kunci hasil gorengan yang renyah dan kering adalah minyak panas. Kalau memasukkan bahan gorengan sebelum panas, maka bahan gorengan akan menyerap banyak minyak dan membuat teksturnya lembap. Nah daripada menggigit tahu goreng yang terlalu berminyak, pastikan dulu minyak gorengnya sudah panas. Anda bisa tes dengan mencelupkan ujung spatula kayu. Kalau muncul gelembung kecil di sekitarnya, anda boleh coba memasukkan satu bahan gorengan.

3. Jangan terlalu sering membolak-balikkan tahu

Saya termasuk orang yang tak bisa diam selama proses menggoreng. Tangan rasanya gatal ingin membolak-balikkan bahan gorengan untuk mengecek kematangannya. Namun kebiasaan ini harus ditahan kalau menggoreng tahu, ya. Terlalu sering membolak-balikkan tahu bisa membuatnya hancur dan terlihat kurang menarik. Oleh karena itu, balik tahu saat satu sisinya sudah berubah keemasan dan lebih padat.

4. Goreng tahu dalam porsi kecil

Proses membolak-balikkan tahu itu harus hati-hati, terutama jika tahu baru masuk dalam minyak panas. Karena teksturnya cukup rapuh, tahu putih atau tofu harus punya ruang yang cukup untuk proses bolak-balik. Nah selain memakai wajan besar, menggoreng tahu putih dalam porsi kecil atau jumlah sedikit juga memudahkan proses membaliknya. Masukkan sekitar 2-3 tahu (tergantung besar wajan) dan goreng hingga matang. Selanjutnya, anda bisa masukkan beberapa tahu lagi.

Tak terlalu sulit, kan? Setelah digoreng, anda bisa mengolahnya lagi dalam berbagai masakan, lho. Tahu putih goreng bisa dibuat tahu tek surabaya atau tahu bacem, sedangkan tofu bisa dibuat sapo tahu. Selamat mencoba!