Resep Kue Sarang Semut Legit Mudah Bikinnya Dan Anti Gagal

Kue sarang semut adalah jenis kue tradisional yang begitu khas di Indonesia. Kue yang termasuk kedalam jenis kue basah ini dibuat dari bahan dasar tepung yang dikombinasikan dengan gula pasir yang disangrai hingga sedikit gosong. Kue sarang semut sendiri memiliki warna coklat alami tanpa memakai bahan pewarna makanan ataupun yang lainnya.

Cara membuat kue basah ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena masih banyak yang gagal dalam cara membuatnya, baik itu dalam menyangrai gula yang terlalu gosong ataupun pada saat pencampuran bahan. Kue basah ini memiliki ciri khas yakni lubang kecil memanjang yang hampir menyerupai sarang semut. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, jangan takut gagal karena kami disini akan membagikan cara membuat kue sarang semut yang baik dan benar. Yuk langsung saja kita intip resep lengkapnya dibawah ini.

Bahan :

  • 200 gr margarine cair
  • 125 gr tepung terigu
  • 250 gr gula pasir
  • 250 ml air hangat
  • ½ klg susu kental manis
  • 5 btr telur ayam
  • 1 sdt soda kue

Langkah membuat kue sarang semut legit :

  1. Sangria gula pasir dengan wajan hingga warnanya kecoklatan.
  2. Tuangkan air pada gula yang disangrai tadi, aduk hingga larut. Angkat dan dinginkan.
  3. Kocok telur hingga mengembang dan pucat.
  4. Tambahkan susu kental manis dan kocok lagi hingga merata.
  5. Tambahkan juga tepung terigu dan soda kue sembari diayak, aduk merata.
  6. Tuangkan larutan gula dan margarine cair kedalamnya, aduk hingga merata.
  7. Tuangkan kedalam loyang yang sudah di olesi margarine.
  8. Panggang dalam oven hingga matang, angkat dan dinginkan.
  9. Kue sarang semut siap dinikmati.
  10. Seperti itulah Resep Mudah Membua Kue Sarang Semut yang bisa kami sajikan untuk anda dipekan kali ini.
  11. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Simak Tips Membuat Kue Sarang Semut Ini

Tips membuat kue sarang semut ini pas sekali untuk Anda coba di rumah. Kue ini disebut sarang semut karena kalau diiris, penampakan kuenya berbentuk sarang yang berloubang-lubang. Sarang dan lubang ini terjadi karena pengovenan yang lama dan margarin yang mencair. Pengovenan lama perlu dilakukan karena adonan kue sangat encer.

Kue sarang semut biasanya dibuat tanpa campuran bahan lain. Kalaupun ada bahan lain, hanya digunakan kenari atau kismis. Sebenarnya sarang semut bisa juga dibuat dalam berbagai variasi. Hanya saja, sarang yang terbentuk tidak sebanyak sarang semut klasik.

Bahan

Kue sarang semut dibuat dari margarin, telur, gula pasir, susu kental manis, tepung (tepung terigu yang kadang dicampur maizena atau tepung kanji), soda kue, dan baking powder.

Proses Pembuatan

Langkah pertama tentu menggosongkan gula. Gunakan wajan yang tebal dan berlapis teflon. Taruh gula menutupi alas wajan. Biarkan gula hangus dan mencair tanpa diaduk. Untuk membuat gula yang terletak di bagian atas ikut mencair, goyangkan saja sedikit wajannya. Sebelum gula mencair seluruhnya, tuangkan air hangat. Jangan menggunakan air dingin agar tidak terjadi letupan atau cipratan. Masak lagi larutan karamel sampai seluruh gula larut.

Langkah berikutnya adalah mengaduk margarin sampai agak lembut. Tujuannya untuk memudahkan pencampuran bahan lain. Tambahkan telur dan gula pasir. Aduk-aduk. Anda akan melihat gumpalan-gumpalan kecil margarin yang tidak bisa menyatu dengan telur. Tak jadi soal. Memang begitulah adonannya.

Setelah itu bahan lain dimasukkan bertahap. Hati-hati ketika menambahkan tepung terigu. Karena adonannya cukup cair, tepung harus dimasukkan sambil diayak dan diaduk rata agar tidak bergumpal.

Cetakan

Cetakan kue sarang semut harus tulban agar mendapat panas dari segala arah. Kalau tidak, kue akan lama sekali matangnya karena adonannya sangat cair. Cetakannya pun harus tebal supaya bagian dasar kue tidak hangus.

Cetakan harus dioles margarin dan ditabur tepung supaya kue mudah dikeluarkan. Ingat, adonan dibuat dari banyak gula hingga sangat lengket.

Pengovenan

Adonan kue sangat cair hingga harus dioven cukup lama. Supaya tidak hangus, maka temperaturnya harus rendah, yaitu 150 derajat Celcius.

Mengeluarkan Kue

Ketika kue matang dan dikeluarkan dari oven, Anda akan melihat kue berminyak. Jangan keluarkan kue dari cetakan dulu. Biarkan minyaknya meresap kembali ke dalam kue. Tunggu kue sampai dingin. Setelah itu, kue bisa dikeluarkan dari loyang.

Nah, itulah tips membuat kue sarang semut yang bisa kita ikuti. Mudah, bukan? Selamat mencoba, Sobat SaSe.