Resep Kue Serabi Pandan Tradisional Manis

# Serabi pandan #

Resep by. Rina rinso
Foto & share by. Arfah Febrina

Kue Serabi Pandan merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Ada berbagai jenis kue serabi yang bisa kita temui di sekitar kita. Serabi kadang disebut kue srabi atau kue surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia.

Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun pembedanya terletak pada bahan pembuatanya, serabi terbuat dari tepung beras sedangkan pancake dari tepung terigu dan tentu serabi diberi kuah cair yang manis biasanya dari gula merah kelapa. Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia.
Cara Membuat Kue Serabi Pandan
Ilustrasi Kue Serabi Pandan

Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Ada juga surabi Arab yang terkenal karena keunikannya yang terdapat di kota bogor.

Kali ini kita akan membuat Kue Serabi Pandan Tradisional Bandung Manis, aroma pandan yang wangi akan menambah kenikmatan serabi. Kadangkala juga ada penambahan telur ayam yang telah dikocok ditambahkan keatas adonan surabi yang sedang dimasak
Ads by google:

Bahan utama pembuatan kue serabi adalah tepung beras atau terigu dan santan. Secara umum kue serabi berasa manis dengan aroma manis gula merah yang khas

Bahan :

  • 150 gr tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm baking powder
  • 1/2 ragi instan.
  • 1 btr telur
  • 200 ml santan
  • Sedikit garam
  • Sedikit pasta pandan

Cara:

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, dan gula. Aduk rata.
  2. Kemudian masukan telur dan aduk rata.
  3. Tuang santan sedikit demi sedikit hingga jadi adonan yg licin dan halus.
  4. Masukkan pasta pandan.
    Diamkan 30 menit, masukkan garam dan siap di masak.
    Bisa di masak dengan wajan alumunium biasa dgn menggunakan api kecil.
  5. Olesi wajan dgn sedikit minyak, kemudian tuang adonan 1 sendok sayur, masak dgn api yg sangat kecil.
  6. Tunggu sampai timbul bergelembung.
    Setelah muncul gelembung, tutup wajan dan biarkan sampai matang.
    Siap di hidangkan.

Flanya :

  • 600 ml santan,
  • 100 gr gula ( kalau tdk suka terlalu manis bisa di kurangin )
  • Sedikit garam.
  • Gula merah secukupnya,
  • 100 gr kacang sangrai yg sudah di haluskan.
  • 1 lbr daun pandan.
  • 1 sdm tepung jagung/meizena ( dicairkan dgn 2sdm air )

Caranya :

  1. masukan santan, gula pasir, daun pandan aduk rata, tambahkan gula merah dan garam. Aduk sampai mendidih, kecilkan api. Masukkan kacang. Dan cairan meizena. Aduk lagi sampai mendidih..
  2. Angkat dan hidangkan dengan serabi..

Selamat mencoba

Sumber : facebook

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa 🙂

6 Trik Mudah Membuat Serabi

Sederhana dan lezat, begitulah dua kata yang menggambarkan serabi, si kudapan tradisional yang sangat populer ini. Membuatnya tidak sulit. Kalau menerapkan 6 trik mudah membuat serabi ini, Anda dijamin sukses membuatnya.

1. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas. Misalnya, tepung terigu yang tidak lembap, kering, warnanya putih bersih, dan tidak berulat.

2. Sebaiknya gunakan santan segar, bukan santan instan.

3. Campur sedikit-sedikit tepung dengan santan sambil diaduk-aduk. Pengadukan harus dilakukan secara konstan dan cepat. Gunanya untuk menghindari terjadinya gumpalan-gumpalan kecil pada adonan.

4. Agar serabi mengembang sempurna, adonan serabi harus juga dipukul-pukul minimal 15 menit. Keplok-keplok adonan dengan telapak tangan untuk memasukkan volume udara ke dalam adonan.

5. Wajan dari besi atau tanah liat bisa digunakan untuk memanggang adonan serabi. Agar mudah dilepas dari wajan, panaskan wajan sambil diisi ampas parutan kelapa. Biarkan di atas api kecil sambil sesekali diaduk sampai berminyak atau kelapa kecokelatan.

6. Setelah adonan setengah matang, tutup wajan. Gunanya untuk membuat serabi berlubang-lubang dan tidak kering.