RESEP MEMBUAT MAKARONI SOSIS SAUS ASAM PEDAS

RESEP MEMBUAT MAKARONI SOSIS SAUS ASAM PEDAS

Ada banyak cara masak pasta makaroni, tak hanya pakai bumbu instan, kamu bisa mengkreasikan dengan bumbu di rumah. Seperti resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  •  200 gr makaroni mentah
  •  1 sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • air secukupnya

Bahan pelengkap:

  • 1 siung bawang bombay
  •  2 buah sosis, iris tipis
  •  1 butir telur

Bumbu:

  •  1 siung bawang putih, haluskan
  • 2 siung bawang merah, haluskan
  • 2 sdm saus tomat
  •  2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  •  garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan garam dan minyak goreng. Masukkan pasta makaroni, masak hingga matang. Tiriskan
  2. Tumis bumbu halus bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan sosis, tumis hingga sosis berubah warna. Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu.
  3. Kocok telur, tuang dan buat orak-arik dengan bumbu. Masukkan semua saus, garam dan tuang sedikit air. Tumis hingga mendidih dan agak mengental. Masukkan makaroni dan tumis bersama bumbu hingga bumbu mengental dan tercampur rata dengan makaroni.

Makaroni saus asam pedas siap sajikan hangat. Jika suka, bisa diberi taburan keju. Selamat mencoba.

Sumber : facebook

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa 🙂

TIPS MENGOLAH MAKARONI
Tips ini sharing sependek pengetahuan dan pengalamanku ya… Jadi mohon maaf jika dirasa tipsnya cuma sedikit ^__^

Semoga bermanfaat bagi teman-teman, terutama bagi yang belum pernah mengolah makaroni atau baru mau membuat makaroni.

Makaroni adalah salah satu jenis pasta kering Italia (Italian dried pasta) yang terbuat dari gandum seperti mie atau spaghetti tetapi dalam adonannya makaroni tidak menggunakan telur (Wikipedia). Dalam bahasa Inggris disebut Macaroni, sedangkan dalam bahasa Italia disebut Maccheroni.

Makaroni yang paling umum dikenal adalah macaroni elbow (makaroni siku) yang berbentuk seperti pipa pendek yang melengkung dengan ukuran agak kecil (dalam bahasa Italia disebut Gemitto Maccheroni). Ada juga yang bentuknya panjang lurus seperti pipa dan ujungnya yang meruncing (makaroni pipa) dengan ukuran yang lebih besar (dalam bahasa Italia disebut Penne Maccheroni).

Di Indonesia sendiri di pasaran terdapat berbagai bentuk makaroni yang umum dikenal seperti makaroni elbow (siku), makaroni spiral, makaroni kerang (seperti kulit kerang), dll.

Untuk mengolahnya menjadi berbagai macam makanan, makaroni perlu direbus dulu layaknya merebus mie atau spaghetti (pre-cooking). Setelah itu siap digunakan untuk berbagai macam olahan masakan.

========================================================================

Beberapa tips mengolah makaroni sebelum dijadikan masakan (pre cooking), juga berlaku untuk pasta lainnya seperti spaghetti:

– Sesuaikan ukuran panic untuk merebus dengan jumlah makaroni yang akan direbus. Hal ini untuk menghindari ‘meluber’ karena makaroni akan mengembang dari ukuran semula saat direbus.

– Gunakan jumlah air yang sesuai, biasanya perbandingannya 1 liter air untuk 100 gram makaroni.

– Untuk mencegah makaroni lengket satu sama lain, beri sedikit minyak goring ke dalam air rebusan (1 sdm untuk 1 liter air).

– Biasanya ditambahkan sejumput garam ke dalam air rebusan (seasoning) agar makaroni menjadi ada rasa gurihnya (tidak hambar). Menurut berbagai sumber makaroni akan menyerap seasoning (garam dan merica bila suka) dengan baik saat direbus.

– Didihkan dahulu air sampai benar-benar mendidih. Baru kemudian masukkan makaroninya. Biarkan beberapa saat dan aduk sesekali saja.

– Pasta cukup direbus sampai AL DENTE, yaitu bagian luar sudah melunak tetapi masih sedikit keras bagian dalamnya jika digigit, bisa dikatakan setengah matang kali ya (biasanya sekitar 10-15 menit)… JANGAN TERLALU LUNAK karena makaroni akan dimasak kembali menjadi makanan olahan seperti dibuat makaroni panggang, maka makaroni akan mengalami proses pematangan lanjutan dalam oven atau penggorengan dan menyerap cairan yang ada dalam saus, susu atau telur.

– Setelah direbus, angkat dan tiriskan dalam saringan kemudian bilas dengan air biasa agar tidak lengket satu sama lain. Makaroni siap diolah menjadi berbagai macam olahan masakan.

Semoga bermanfaat ya……….