Pempek Dos ala Ny. Liem. Tetap Enak dan Gurih Meski Tanpa Ikan

Pempek selama ini identik dengan ikan, baik itu ikan tenggiri ataupun ikan sejenis lainnya. Tapi ada juga ternyata resep pempek yang tidak menggunakan ikan sama sekali. Namanya pempek Dos. Jenis pempek ini cocok sekali buat mereka yang tidak begitu suka ikan atau bahkan alergi terhadap makanan laut ini. Pempek Dos juga bisa jadi solusi pempek yang murah-meriah, mengingat ikan merupakan komponen yang paling mahal dalam membuat pempek. Pingin jualan pempek yang murah meriah? Bisa dicoba dengan pempek Dos ini, hehe..

Loading...

Meskipun tanpa ikan, tapi pempek ini tetap enak dan gurih. Apalagi menggunakan resep Ny. Liem yang memang sudah terkenal enak. Pempek Dos tetap terasa gurih karena adanya telor, kaldu bubuk pada adonan, dan ebi kering yang dicampurkan kedalam kuah cuko nya. Penasaran? yuk langsung kita coba saja resep berikut ini.

Siapa yang tidak mengenal makanan khas daerah Palembang yang satu ini? Empek-empek semakin marak dan dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai tempat khususnya kota besar. Jika kita berkunjung ke suatu mall dan terdapat area food court, umumnya kita akan menjumpai kios yang menjual makanan ini. Banyak anak muda yang menyukai empek-empek goreng tetapi sebagian ada pula yang menyukai empek-empek rebus. Anak-anak pasti langsung jatuh hati begitu Anda menyajikan menu yang satu ini terutama bagi mereka yang menyukai jenis makanan kriuk. Berbagai pilihan juga dapat kita temui, mulai dari lenjer, kapal selam, keriting, adaan, dan lain-lain. Berikut adalah bahan dan cara mudah membuat empek-empek lenjer yang paling sederhana.

Bahan-bahan:

  • 250 ml air
  • 200 gram tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji/tepung kentang (potato starch)
  • 125 gram tepung terigu serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
  • 2 butir telur
  • 2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Isi:
4 butir telur, kocok lepas. Beri sedikit garam

Saus cuko:

  • 500 ml air
  • 200 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa

Bumbu yang dihaluskan untuk saus cuko:

  • 8 siung bawang putih
  • 5 cabai rawit merah
  • 3 cabai merah keriting
  • 1 1/2 sendok makan ebi kering
  • 1/2 sendok makangaram

Cara Membuat Saus Cuko:

  1. Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus dan garam. Masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan cuka ke dalamnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan cuka dan gula jika rasanya kurang pas. Saring saus dan buang ampasnya.

Cara Membuat pempek:

  1. Siapkan terigu dalam wadah. Rebus air + kaldu bubuk + garam sampai mendidih, lalu tuangkan ke dalam wadah berisi terigu tadi. Aduk dengan cepat sampai tercampur rata. Biarkan hangat..
  2. Masukan telor dan aduk sampai rata. Kemudian masukkan juga tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan centong kayu/ plastik. Cukup diaduk rata saja, nggak perlu sampai diuleni.
  3. Adonan akan terlihat sedikit lengket..
  4. Rebus air menggunakan panci sampai mendidih. Masukkan sedikit minyak goreng ke dalam air mendidih tersebut.
  5. Lumuri tangan dan talenan dengan tepung supaya tidak lengket. Cetak adonan pempek di talenan untuk membuat pempek lenjer. Untuk yang isi telur, cetak adonan seperti mangkok dan masukkan kocokan telur kedalamnya. Tutup adonan dengan menyatukan kedua sisinya.
  6. Begitu proses mencetak selesai, langsung rebus aja, jangan menunggu sampai adonan habis dulu.
  7. Rebus adonan sampai mengapung dan matang.
  8. Goreng pempek. Supaya tidak meletup-letup minyaknya, panaskan minyak sampai hangat, lalu matikan kompor. Masukkan pempek, lalu nyalakan lagi kompornya dengan api kecil.
  9. Untuk penyajian, potong-potong pempek yang sudah digoreng. Letakkan di atas piring, lalu siram dengan kuah cuko secukupnya. Bisa ditambah irisan timun dan sejumput mie rebus jika suka.
  10. Selain digoreng, adonan pempek juga bisa dipanggang lho bun.

Selamat mencoba yaaa… 🙂

Resep dan foto: http://www.justtryandtaste.com/e

Sumber : resepharian

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa 🙂

Loading...