Meracik Resep Es Krim Rumahan Lezat dan Lembut

Meracik Resep Es Krim Rumahan Lezat dan Lembut

Bahan-bahan

  • 3 Sachet SKM Putih
  • 600 ml Air matang
  • 5 Sdm Gula putih
  • 3 Sdm tepung Maizena
  • 1 Sdt SP
  • Pewarna / Perasa Makanan

Langkah

  1. Siapkan panci, masukan tepung maizena, gula, SKM dan air aduk rata.
  2. Masak bahan tsb pada api kecil, sambil terus di aduk – aduk sampai meletup – letup dan matikan kompor.
  3. Tuangkan adonan yang sudah jadi kedalam wadah tertutup dan simpan di freezer selama 10-12 Jam
  4. Ambil adonan yang sudah disimpan di freezer, tambahkan SP yang sudah di tim dan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi kira-kira 10-13 menit sampai adonan mengembang
  5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri pewarna/perasa sesuai selera.
  6. Masukan kedalam cup atau wadah dan simpan kembali di freezer tunggu sampai membeku.
  7. Tadaaaaa es krim siap dinikmati. rasanya lembut manis dan enyaakk 😍 Selamat Mencoba
  8. Notes : Cara ng’tim SP, Masukan SP kedalam mangkuk kecil, dan simpan di magicom sampai mencair, keluarkan dan tunggu sampai membeku kembali dan setelah itu baru bisa dipakai. 🙂

Sumber : cookpad

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa 🙂

8 Cara Menyimpan Es Krim Agar Tidak Cepat Meleleh

1. Simpan di Wadah Kedap Udara

Bagi Anda yang membeli es krim di dalam wadah plastik yang tutupnya rapat, maka Anda tak perlu khawatir es krim akan meleleh bila disimpan di dalam freezer. Namun, jika Anda mencoba untuk membuat es krim sendiri, tempatkan es krim tersebut dalam wadah yang tertutup rapat.

Lantas, bagaimana jika kita membeli es krim cup? Tak perlu khawatir, selama Anda belum membuka tutup es krim cup, maka es krim di dalamnya tetap beku asalkan Anda menyimpannya di dalam freezer.

2. Gunakan Wadah Datar dan Lebar untuk Menyimpan Es Krim Homemade

Ingin membuat es krim sendiri? Anda tak perlu bingung mencari cara menyimpan es krim homemade. Setelah membuat es krim, pindahkan adonan ke dalam wadah datar dan lebar. Mengapa harus di wadah yang datar dan lebar? Karena wadah jenis ini dapat menyebarkan udara dingin kulkas secara merata.

Seluruh bagian es krim akan tetap beku jika disimpan di dalam wadah lebar dan datar. Di samping itu, wadah plastik berbentuk datar dan lebar juga memudahkan kita saat hendak menyendok es krim di dalamnya.

3. Lapisi Permukaan Wadah dengan Plastic Wrap

Apakah itu artinya kita harus menyimpan es krim di dalam plastic wrap? Bukan menyimpan es krim di dalam plastic wrap, tetapi melapisi wadah permukaan wadah penyimpanan es krim dengan menggunakan plastic wrap. Manfaat dari plastic wrap ini untuk mencegah pembentukan kristal es yang membuat tekstur es krim yang lebih keras.

Tekstur es krim yang sempurna adalah lembut, tapi tidak cair. Jika es krim berubah menjadi mengeras, cita rasa dari es krim tersebut juga akan berubah. Usai melapisi permukaan wadah dengan plastic wrap, segera tutup wadah rapat-rapat menggunakan penutupnya.

4. Atur Suhu di dalam Freezer

Cara menyimpan es krim yang benar adalah meletakkannya di dalam freezer. Namun, Anda juga harus memperhatikan suhu di dalam freezer agar tekstur es krim tidak terlalu keras dan tidak cepat leleh. Suhu ideal untuk menyimpan es krim adalah -17 derajat celcius. Suhu ini dapat mencegah pembentukan kristal es di permukaan es krim dan menjaga agar tekstur es krim selalu lembut dan tidak terlalu keras.
Jangan menaikkan suhu agar es krim tidak mencair. Anda juga tidak diperkenankan untuk menurunkan suhu agar permukaan es krim terhindar dari kristal es yang menjadikan tekstur es krim semakin keras.

5. Simpan Es Krim di Bagian Belakang Freezer

Setiap lemari es pasti sudah dilengkapi dengan freezer. Semakin besar ukuran lemari es Anda, semakin luas freezer yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, untuk menjamin es krim tetap segar dan tidak meleleh, Anda harus meletakkan wadah penyimpanan es krim ini di bagian belakang freezer.

Suhu di bagian belakang freezer tergolong stabil. Berbeda dengan suhu di bagian depan freezer yang cenderung tidak stabil karena dekat dengan pintu lemari es yang sering dibuka-tutup. Sementara itu, dengan menyimpan es krim di bagian belakang freezer, kelembutan es krim tetap terjaga dan teksturnya pun tidak akan mengeras sehingga sulit dimakan.

6. Hindari Menyimpan Es Krim Lebih dari 1 Bulan

Ketika membeli es krim, jangan lupa untuk mengecek masa kadaluarsa es krim. Konsumsi es krim sebelum mendekati masa kadaluarsa. Kemudian, jika Anda sudah membuka tutup es krim, sebaiknya segera habiskan es krim dalam waktu 1 bulan sejak tutupnya dibuka. Mengapa? Cita rasa es krim akan berubah ketika kemasannya sudah dibuka selama sebulan.
Jadi, untuk menikmati es krim dengan cita rasa aslinya memang sebaiknya Anda segera menghabiskan es krim tersebut. Untuk es krim buatan sendiri (homemade) sebaiknya harus segera dikonsumsi dalam waktu 1-2 minggu sejak pembuatan.

7. Cara Menyimpan Es Krim di Luar Kulkas

Selama ini banyak orang mengira bahwa cara menyimpan es krim hanya bisa dilakukan di dalam freezer lemari es saja. Namun, bagi Anda yang ingin menghindangkan es di luar kulkas, Anda bisa menjamin agar es krim tersebut tidak meleleh dengan menyimpannya di dalam ember khusus penyimpanan es yang terbuat dari nilon atau styrofoam.

Apabila semua es batu sudah dimasukkan ke dalam ember, masukkan wadah-wadah es krim. Di dalam ember khusus ini, es krim bisa bertahan sampai es mencair, setidaknya dalam waktu 2-3 jam atau lebih jika Anda menutup tutupnya rapat.

8. Cara Menyimpan Es Krim untuk Dibawa Berpergian

Es krim adalah makanan yang cocok untuk dibagikan kepada keluarga maupun sahabat. Namun, banyak orang yang khawatir es krimnya meleleh dalam perjalanan. Untuk menjaga agar es krim tetap beku saat perjalanan, Anda harus menyimpan es tersebut dengan bantuan dry ice.

Masukkan dry ice ke dalam kantong plastik atau jenis wadah apapun untuk membawa es krim. Suhu dingin dari dry ice akan menjaga agar es krim tidak mencair. Cara menyimpan es krim dengan bantuan dry ice ini mampu membuat es krim bertahan setidaknya kurang lebih 1 jam.

Berbagai cara menyimpan es krim ini bisa Anda lakukan untuk menyimpan es krim yang beli di luar atau yang dibuat sendiri (homemade). Es krim homemade biasanya memiliki daya tahan yang lebih singkat dibanding es krim yang beli di luar karena es krim buatan sendiri tidak mengandung pengawet, sehingga masa kadaluarsanya pun lebih cepat.

Dengan cara menyimpan es krim di atas, Anda tak perlu bingung lagi saat mendapati ada es krim yang leleh meskipun sudah disimpan di freezer. Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh tutup wadah es krim tidak rapat atau Anda tidak meletakkan wadah es krim di bagian yang paling belakang.

Bahkan, dengan beberapa cara ini Anda dapat membawa es krim untuk berpergian tanpa perlu membawa lemari esnya, lho! Bagi Anda yang saat ini sedang ingin makan es krim, Anda bisa berkunjung ke salah satu tempat makan es krim di Jakarta di artikel ini.