Resep Sayur Asem Gurih dan Sedap Kesukaan Suami

Resep sayur asem gurih yang turun temurun dari embah ini selalu saya gunakan. Soal rasa jangan ditanya deh, dengan bumbu yang pas bikin suami saya ketagihan. Segar, gurih, yum-yum deh pokoknya.

Cuaca makin panas, sedangkan hujan belum juga turun. Bawaannya pengen makan yang seger-seger, masak sayur asem enak kali iya 🙂

Loading...

Hujan belum kunjung turun, jadi pinter-pinternya bunda deh untuk menyajikan hidangan yang segar. Supaya rasa panas nda begitu terasa, untung saja indonesia ini salah satu negara yang kaya akan budaya, alam, dan juga kulinernya iya.

Ketika panas gini kita memerlukan vitamin dan juga zat yang lebih untuk tubuh, salah satu yang bisa kita hidangkan iya sayur asem. Pada umumnya sayur ini menggunakan bahan dasar sayur-sayuran yang di rebus bersamaan rempah-rempah khas indonesia, sehingga rasa yang dihasilkan memang sangatlah menggugah selera bund :).

Sayur segar ini paling nikmat di makan dengan nasi putih, ikan asin, plus tempe goreng. Ngomong-ngomong soal tempe kok jadi inget tempe bacem yang pernah dibagikan kemarin, siapa tahu bisa dijadikan referensi di kemudian hari bunda 🙂

Hmm… langsung ke cara membuat sayur asem aja yuk bu, ikuti setiap langkahnya iya supaya menghasilkan rasa yang memuaskan.

Resep Sayur Asem Gurih dan Sedap

Bahan dan Bumbu Sayur Asem :

  • 100 gram labu siam, dipotong-potong
  • 5 buah kacang panjang, dipotong-potong
  • 2 potong jagung manis, dipotong sesuai selera
  • 50 gram melinjo
  • 25 gram daun melinjo
  • 4 sendok teh asam jawa dan 3 sendok makan air putih, larutkan
  • 6 ½ sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula merah sisir
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2.500 ml air
  • 4 buah cabe ijo besar, iris serong

Bumbu yang dihaluskan :

  • 4 butir kemiri, disangrai (bila suka)
  • 5 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • ½ sendok teh terasi, dibakar
  • 3 siung bawang putih

Cara Memasak Sayur Asem:

  1. Ambil panci kemudian rebus air, masukkan bumbu halus, garam, gula merah, daun salam, lengkuas, dan melinjo sampai matang.
  2. Tambahkan jagung manis, kemudian masak sampai empuk.
  3. Masukkan kacang panjang dan labu siam, masak sampai matang.
  4. Tambahkan daun melinjo dan air asam.
  5. Aduk rata kemudian angkat.
  6. Sayur asem ala bu Tania siap disajikan 🙂

Cara membuatnya sangat mudah kan bund? Tapi mampu menghasilkan sebuah hidangan sayur asam yang segar lho. Semoga juga bisa membantu bunda yang membutuhkan resep ini 🙂

Selamat berkarya 🙂

Sukber : http://www.butania.com/2015/11/resep-sayur-asem.html

Tips Masak Sayur yang Tepat Agar Nutrisinya Terjaga

Banyak orang merasa sudah makan sehat ketika sudah makan sayur. Meski Anda tak salah sepenuhnya, namun olahan sayuran seperti apa yang sehat? Pasalnya, kini banyak beredar jenis hidangan sayur tapi dengan pengolahan yang keliru sehingga kandungan kaya vitamin, mineral dan nutrisi dan sayur justru hilang.
Tips masak sayur yang tepat agar nutrisinya terjaga perlu diketahui agar bahan makanan sayur yang sudah akan disajikan untuk keluarga menjadi tidak sia-sia.
Sayur, apapun bentuk dan warnanya mengandung banyak zat gizi serta nutrisi yang esensial untuk tubuh. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan, namun juga untuk mengobati. Sebab, dalam banyak penelitian telah dibuktikan kalau zat kimia tertentu yang terdapat dalam sayur memiliki khasiat obat. Itulah alasannya kenapa sayur dikategorikan ke dalam Nutraceuticals.
Hanya saja, agar kita bisa mendapatkan seluruh manfaat sayur, kita harus berhati-hati dalam mengolahnya menjadi makanan. Jika salah mengolahnya, maka bisa dipastikan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang ada pada sayur akan hilang. Nah, supaya tidak salah lagi, mari kita pelajari tips memasak sayur yang tepat untuk menjaga nutrisinya, berikut:

Dikukus
Mengukus adalah cara memasak sayur yang paling sehat. Sebab, mengukus sayur dapat mempertahankan seluruh kandungan gizi serta rasa alami sayur tersebut. Tapi, jika hendak mengukus sayur jangan dalam jumlah yang banyak sekaligus, supaya sayur cepat matang hingga ke bagian dalamnya. Masukkan sayur ke dalam kukusan ketika air sudah benar-benar mendidih. Berapa lama? Setiap sayur berbeda-beda waktu matangnya. Namun kira-kira 5 – 10 menit saja cukup, kok, yang penting sayur sudah renyah dan lembut.

Dipanggang
Memanggang juga termasuk cara memasak sayur yang benar yang disarankan. Dengan dipanggang maka kandungan gizi dalam sayuran tidak akan rusak. Begitu pula tekstur, warna, dan rasanya, tetap dapat dipertahankan. Jangan lupa oleskan sedikit minyak pada sayur sebelum mulai memanggang, supaya tidak lengket.

Ditumis
Menumis sayur relatif lebih sehat, karena hanya menggunakan minyak sedikit dan membutuhkan waktu sebentar saja. Ada dua cara menumis sayur yang bisa dicoba: stir-fry dan sauté.
Stir-fry adalah menumis dengan menggunakan wajan besar yang melengkung, serta api yang besar. Sayuran harus terus diaduk, supaya matang merata. Sementara itu, sauté biasanya menggunakan wajan yang datar dan api yang tidak terlalu besar. Menumis dengan wajan yang datar membuat seluruh sayur memperoleh panas yang merata, sehingga kita tidak perlu mengaduk terus menerus. Saute lebih disarankan daripada stir-fry.

Direbus
Cara memasak sayur yang tepat untuk menjaga nutrisinya satu ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Sebab, jika direbus maka akan sangat banyak kandungan gizi sayur yang hilang. Tapi, kalau kita terpaksa harus menggunakan cara ini, maka yang harus dilakukan adalah memasukkan sayur hanya setelah air mulai mendidih (kurang-lebih dua menit) dan masak sesingkat mungkin.

Loading...